Awas !!! Jalan Ambles Berbahaya

JALAN AMBLAS

JALAN AMBLAS

Lahat, kabarretorika.com – Musim penghujan yang menguyur Kabupaten Lahat menyebabkan semua pengendara harus berhati-hati melintas di jalan Negara yang ada di Bumi Seganti Setungguan. Sebab belasan titik jalan negara Lahat menuju,  Pagaralam dan juga Bengkulu rusak. Seperti di  Kecamatan  Pulau Pinang, Pagar Gunung dan Tanjung Tebat.

Nampak di lapangan, kemarin (15/3) wilayah paling parah di kawasan terkul, Kecamatan Pagar Gunung. Jalan ambles separuh badan jalan,  terlihat material aspal longsor ke jurang. Diameter lubang sepanjang 4 meter.

Menurut Sopir travel Yudi (33) , travel  jurusan Bengkulu-Lahat , mengaku harus hati-hati di lokasi ambles, karena terletak di tikungan tajam, apalagi saat malam hari tidak ada penerangan. “Jalannyo ni menanjak dan menurun dan banyak tikungan tajam. Saat seperti ini juga kita harus berhati-hati, karena hujan membuat penglihatan kita makin terganggu diperparah jalan licin,” ungkapnya.

Tidak jarang terjadi kecelakaan di wilayah ini. Apalagi kondisi jalan yang pas-pasan dilewati oleh kendaraan roda empat atau lebih. “Sudah gelap jalanan tersebut, menyebabkan seringkali mobil tak kelihatan lubang-lubang yang mengangga,” jelas Yudi, kemarin di lokasi.

Dijelaskan Yudi bahwa kondisi jalan juga di beberapa wilayah bergelombang apalagi di patahan tikungan yang menanjak semakin membahayakan pengemudi, seperti yang terlihat di antara Desa Lubuk Sepang dan Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, pihaknya jelas mengharapkan pihak terkait memperhatikan untuk diperbaiki apalagi sangat membahayakan.  ( Soufie)