Lomba Balita Sehat Diselenggarakan Dinkes Lahat

Lahat,kabarretorika.com-Lomba balita sejahtera 2016 tingkat Kabupaten Lahat bertema “Kita wujudkan anak yang cerdas, berbudi luhur, dan berakhlak mulia,” dibuka oleh Ketua PKK Lahat Hj RR Kurnia Sismartianti Aswari, Asisten II Pemkab Lahat Syamsul Kusirin, dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr H Rasyidi Amri MT MKM.

Kegiatan ini Diikuti 66 peserta dari 22 kecamatan, terdapat dua kategori peserta balita usia 6-23 bulan, dan 24-59 bulan dan dihadiri unsur pimpinan daerah dan organisasi wanita lainnya.

Salah satu peserta yakni, Adli (4) dari Desa Lubuk Kepayang, Kecamatan  Merapi Barat saat diuji dengan gembira ia  menyanyi lagu Balonku, didampingi ibunya Betria Febriani (26). “Adli memang berani, pintar, lincah  dan bisa bernyanyi,” ungkapnya.

Menurut Ketua PKK Hj RR Kurnia Sismartianti Aswari atau yang biasa disapa Bunda Lisa, bahwa anak-anak memang sangat baik dalam tumbuh kembangnya bila dilatih kemandirian dan banyak ketrampilan.

dinkes lahat lomba balita sehat“Keberadaan satu desa satu pendidikan anak usia dini (PAUD) memang perlu dimaksimalkan. Supaya anak-anak mendapat pendidikan dan tumbuh kembang yang baik demi masa depan mereka. Selamat bagi para pemenang dan kepada setiap perwakilan dari Puskesmas, Posyandu dan 22 kecamatan yang ada atas partisipasinya kita ucapkan terimakasih,” paparnya.

Bunda Lisa Aswari juga mengatakan supaya selanjutnya  saat pengiriman balita, benar-benar mengikuti kriteria yang ada. “Semangati lagi kegiatan posyandu yang ada untuk menyaring anak-anak untuk mengikuti lomba balita ini,” terangnya.

Bunda Lisa Aswari yang juga biasa disapa bunda PAUD mengungkapkan, bahwa anak-anak yang mandiri jadi kelak menjadi kebanggan semua, baik orang tuanya maupun lingkungannya. “Satu desa satu PAUD harus didukung semua pihak baik orang tua, pihak-pihak terkait, demi keberhasilan anak-anak nantinya” tegasnya.

Kadinkes Rasyidi Amri menharap agar perwakilan yang menang nantinya bisa dipersiapkan supaya bisa nanti ikut dalam lomba di tingkat Provinsi. “Sekitar bulan Juli nanti, sehingga masih ada waktu,” ungkapnya.

Syamsul Kusirin selaku Asisten II,  menyampaikan salam dan ucapan selamat bagi pemenang lomba balita dari Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE. “Keberhasilan anak-anak ini sebagai dampak pembinaan balita. Karena pembinaan Balita penting bagi pertumbuhannya. Posyandu, PKK dan Puskesmas memang sebagai ujung tombak pembinaan balita harus terus di maksimalkan,” terangnya. (red/Agustoni)