Masyarakat Kikim Area Tuntut Janji Bupati Lahat

Demo Warga Kikim Area

Demo Warga Kikim Area

-Selama Kampanye Pilkada Lahat, Aswari Janjikan Kikim Area Terbentuk

Lahat, Kabarretorika.com -Kikim Area merupakan salah satu daerah otonomi baru yang telah di ajukan kepada pemerintah pusat melalui DPR RI yang dimulai sejak tahun 2004.

Secara administratif Kikim Area tidak ada masalah, serta secara empiris kesiapan kikim area untuk menjadi kabupaten telah memenuhi syarat, baik luas wilayah, jumlah kecamatan, jumlah penduduk serta kekayaan alam yang terkandung di wilayah Kikim Area merupakan daerah yang potensial untuk menjadi kabupaten.

Dengan sumber daya alam yang ada seperti : Gas Bumi, Minyak Bumi, Batu Bara, dan Marmer serta ditunjang dari sektor pertanian, perternakan, dan perkebunan.

Ipi Cawang, pemuda Kikim Area

Ipi Cawang, pemuda Kikim Area

Menjadi perjuangan tersendiri bagi masyarakat kikim Area yang hingga saat tuntutan masyarakat yang ingin menjadikan kikim menjadi kabupaten belum juga terpenuhi, di halaman kantor Camat Kikim Timur, lebih kurang 1000 orang melakukan aksi blokade jalan.

Gejolak semangat pemuda kikim area menuntut pemekaran juga disebabkan oleh janji bupati lahat terpilih, saifudinn Aswari Rivai.

“Kami ingat betul apa yang dijanjikan bupati Lahat terpilih, Saifudin Aswari Rivai bahwa Kikim akan segara jadi kabupaten, dari itulah kami menuntut apa yang dijanjikan bupati,” kata Ipi, pemuda kelahiran Kikim ini menambahkan bahwa tidak ada bentuk kepedulian bupati Lahat terhadap percepatan pemekaran kikim area.

“Tanpa pemerintah Lahat dan bupatinya kami bisa, Kikim Area menjadi kabupaten,” teriak Ipi dalam orasinya.

H. Kurnia warga Bunga Mas sangat mendambakan Kikim Area Menjadi Kabupaten Agar pembangunan di Kikim area lebih cepat dan maju.

“10 tahun menanti tanggal 29 september 2014, isu berkembang kikim area menjadi kabupaten sendiri akan dikabulkan pada tanggal 29 september 2014, nanti masyarakat menjemput bola dengan cara melakukan aksi damai,” kata H. Kurnia.

Iwan (42) warga Desa Lubuk Layang Ilir, koordinator aksi mengatakan Kikim harus menjadi kabupaten, agar pembangunan di Kikim cepat dan merata.

“Pembangunan sangat lamban di masa kepemimpinan Aswari untuk kikim, Perjuangan menuju kabupaten tidak akan cukup sampai pada hari ini Rapatkan barisan, tekatkan tujuan menuju kikim area yang cemerlang,” teriak Iwan.

Bupati Lahat, Saifudin Aswari Rivai tidak datang menyaksikan masyarakat Kikim Area.(tim retorika)

. ( Tim retorika)