Masyarakat Prabu Menang Tuntut Penutupan Pangkalan Galian C

demo masyarakat desa tanjung menang

demo masyarakat desa tanjung menang

Lahat,Kabarretorika.com- Lebih dari 800 masyarakat Desa Prabu Menang Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, mendatangi Kantor Pemkab Lahat, Rabu (17/9). Masyarakat menuntut agar pemerintah Kabupaten Lahat menutup pangkalan Galian C Milik Ahmad Solehan di perbatasan Desa Gunung Kembang dan Prabu Menang.

Marwan Mansyur Wakil Bupati Lahat langsung menemui masyarakat dan langsung bermusyawarah. Jajaran Kepolisian, TNI dan Pol PP menjaga situasi sepanjang perundingan.

“Masyarakat Desa Prabu Menang berhak untuk menuntut ditutupnya Galian C tersebut dan kami Pemerintah Kabuaten Lahat Harus Menindak Lanjuti permasalahan dampak Galian C Ini,” kata Marwan.

demo-masyarakat-desa-tanjung-menang2

demo-masyarakat-desa-tanjung-menang2

Menurut masyarakat setempat, masyarakat tidak senang dengan pengerukkan galian C yang telah melebihi batas wilayah galian sehingga tanah kebun masyarakat setempat ikut tergerus. Sudah setengah tahun lebih perusahaan galian C tersebut beroperasi dengan menggunakan alat berat.

“Pangkalan Galian C tersebut akan ditutup untuk sementara, dan saya ingin mencabut izin galian C tersebut, tetapi kita harus melaporkan dulu kepada bupati Lahat yang sudah memberikan Izin, Besok kita akan tinjau Lokasi Galian tersebut,” tegas Marwan.

Sangkut, Warga Desa Prabumenang Kecamatan merapi Timur Kabupaten Lahat sangat mendukung sikap Kepada Wakil Bupati Lahat dengan keberpihakannya kepada masyarakat

“Hasil  pertemuan tersebut, Galian C ditutup mulai hari ini oleh Kapolsek, Koramil Merapi Selatan, kecamatan Merapi Timur dan pemerintah kabupaten Lahat. Dan apabila Pangkalan tersebut tetap melakukan aktivitas mengeruk, maka masyarakat yang akan bertindak sendiri ke lokasi,” kata Sangkut seraya menambahkan bahwa ketegasan Wakil Bupati Lahat, Warwan Mansyur Sangat berarti untuk masyarakat banyak. (prima)