Masyarakat Suka Makmur Minta Pemkab Lahat Segera Selesaikan Sengketa Lahan

sengketa lahan2Lahat, Kabarretorika.com – Bupati Lahat H. Saifudin Aswari Riva’i, SE didampingi Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH.MM, Polres Lahat, Kajari Lahat Serta Kasdim 0405 Lahat, Hadiri Rapat permasalahan Sengketa Tanah. Wakil Bupati Lahat Membuka Rapat permasalahan sengketa lahan antara warga di wilayah eks transmigrasi Satuan Pemukiman (SP) III Desa Suka Makmur Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat dengan pihak perusahaan perkebunan PT Lonsum. Masyarakat berharap sengketa tersebut dapat segera di selesaikan, kegiatan ini berlangsung di Off room Pemkab Lahat, Selasa (27/1).sengketa lahan.1Bupati Lahat, H. Saifudin Aswari Rivai SE meminta agar kedua pihak segera menyelesaikan sengketa lahan usaha (LU) II wilayah eks transmigrasi yang telah masuk lahan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tersebut. “Dalam satu minggu kedepan masalah ini harus selesai, jangan ada lagi ribut-ribut,” kata Aswari. Penegasan ini cukup beralasan, Sebab sengketa lahan tersebut telah berlangsung beberapa tahun belakangan ini.

Bupati Lahat sendiri telah menginstruksikan tim gabungan untuk memverifikasi keberadaan lahan yang bersengketa itu, agar clear and clean. “ Kita Tunggu Hasil dari tim yang akan melakukan verifikasi di lahan itu, kita harap hasilnya akan win win solution bagi masyarakat dan perusahaan, sehingga masalah ini selesai,” Ujar Wari.sengketa lahan

Sementara itu, kuasa hukum Masyarakat , Rahman mengemukakan dirinya siap menunggu hasil verifikasi dari tim gabungan Pemkab Lahat. ” Masyarakat Sangat sepakat menunggu hasil verifikasi tim untuk mendapat win-win solution, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan baik warga maupun pihak perusahaan. Dan Kita sepakat menunggu tim pemda, yang menjadi hak warga kembalikan dan yang menjadi hak perusahaan silahkan diambil. Tapi jika perusahaan tetap membangkang, kita akan tetap menempuh jalur hukum,” tegas Rahman, Kuasa Hukum Masyarakat. (Prima/KR)