Menteri Siti Nurbaya Canangkan Kabupaten Siak Hijau

SIAK,KABARRETORIKA.COM-Menteri LHK Siti Nurbaya menandatangani prasasti Kabupaten Siak Hijau pada acara dialog dan penanaman pohon bersama pelajar di Islamic Center Kabupaten Siak Provinsi Riau, Jumat 22 Juli 2016. Sebanyak 2.500 batang pohon ditanam secara serentak dipimpin oleh Menteri Siti Nurbaya dan Bupati Siak Syamsuar dan akan dilanjutkan penanaman 7.500 pohon di kecamatan-kecamatan di seluruh Kabupaten Siak.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, menyerahkan penghargaan Kalpataru kategori Penyelamat Lingkungan kepada Yohasap Paririe dari Kampung Poom I, Distrik Poom, Kab. Kepulauan Yapen, Prov. Papua pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum'at, 22 Juli 2016.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, menyerahkan penghargaan Kalpataru kategori Penyelamat Lingkungan kepada Yohasap Paririe dari Kampung Poom I, Distrik Poom, Kab. Kepulauan Yapen, Prov. Papua pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum’at, 22 Juli 2016.

Menteri Siti Nurbaya menyampaikan banyak persoalan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia, salah satu contohnya lahan kritis di seluruh Indonesia akan diselesaikan secara bertahap.

“Pelajaran sudah kita petik dari gerakan penanaman dan pelihara pohon yang telah dilakukan selama ini, dimana pohon-pohon yang tumbuh dapat menjadi sumber air dan memberikan udara bersih”, ujar Menteri Siti Nurbaya.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, menyerahkan penghargaan Adipura Kirana kepada Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum'at, 22 Juli 2016.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, menyerahkan penghargaan Adipura Kirana kepada Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum’at, 22 Juli 2016.

Penanaman pohon yang dilaksanakan bersama para pemangku kepentingan di Siak terutama para pelajar ini menjadi aktualisasi dan realisasi dari pencanangan Kabupaten Siak Hijau. Provinsi Riau dinilai sering mengalami masalah lingkungan seperti bencana kebakaran lahan dan hutan sehingga penanaman pohon bersama masyarakat ini menjadi wujud nyata bahwa masyarakat Riau menghendaki adanya kualitas lingkungan hidup yang lebih baik.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, bersama Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla melepas 100.000 ekor benih ikan diikuti 300 sampan pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum'at, 22 Juli 2016.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, bersama Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla melepas 100.000 ekor benih ikan diikuti 300 sampan pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum’at, 22 Juli 2016.

Di depan para masyarakat, LSM, pelajar atau “green generation”, Menteri Siti Nurbaya juga menantang untuk menanam pohon seumur hidup.

“Berani tidak, putra-putri di Siak ini selama seumur hidup untuk menanam pohon?” tanya Menteri Siti Nurbaya. Tantangan menanam pohon tersebut, kata Menteri Siti Nurbaya, dapat dilakukan di setiap rumah sebab rumah-rumah di Siak memiliki halaman yang luas.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, melakukan Peletakan Batu Pertama Tugu Peringatan Penyerahan Kedaulatan Kesultanan Siak kepada pemerintah Republik Indonesia pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum'at, 22 Juli 2016.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, melakukan Peletakan Batu Pertama Tugu Peringatan Penyerahan Kedaulatan Kesultanan Siak kepada pemerintah Republik Indonesia pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum’at, 22 Juli 2016.

“Jadi pencanangan Kabupaten Siak Hijau ini sekaligus menjadi tantangan rumahku hutanku karena di halaman rumahku ada hutan”, tutup Menteri Siti Nurbaya.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, meninjau stand pameran pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum'at, 22 Juli 2016.

Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, meninjau stand pameran pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 di Siak, Prov. Riau, Jum’at, 22 Juli 2016.

Diharapkan dengan pencanangan Kabupaten Siak Hijau ini dapat menjadi acuan bagi daerah-daerah lain di Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik.

Sumber : SIARAN PERS
Nomor : SP. 24 /HUMAS/PP/HMS.3/7/2016