Ribuan Buruh Demo PT SMS dan PT PCM

Ribuan-Buruh-demo-PT.-SMS-dan-PT.-PCM–  Marwan Mansyur SH MM, “ kita minta pihak perusahaan penuhi tuntutan buruh”

–  AKBP Budi Suryanto,” masyarakat jangan terpancing berbuat anarkis”

Lahat,Kabarretorika.com- Ribuan Buruh yang merupakan masyarakat kikim area mendatangi pemkab lahat Untuk mengadukan nasibnya selama bekerja di PT SMS dan PT. PCM. Selasa (19/8), pukul 10.30 wib.

Buruh menuntut agar PT. SMS (Sinar Mas Sejahtera) dan PT. PCM membayar THR/BHL dan kekurangan  THR pada karyawan tahun 2013, selain itu juga buruh tidak ingin ada intervensi dari management terhadap buruh, tuntaskan masalah kecelakaan kerja, perlakuan secara manusiawi juga dituntut oleh buruh dan terakhir ribuan buruh menuntut agar PT. SMS dan PT. PCM memberikan bonus kepada seluruh karyawan tanpa ada perbedaan status.

Marwan-Mansyur-SH-MM-wakil-Bupati-Lahat-menemui-masyarakan-Kikim-Area-yang-meruapakan-Buruh-PT.-SMS-dan-PT.-PCMAksi ± 2000 buruh ini membuat Polres Lahat kewalahan untuk melakukan pengamanan sehingga meminta bantuan personil dari polres Muara enim sebanyak 100 personil.

Kapolres Lahat, AKBP Budi Suryanto mengajak masyarakat yang berdemo agar jangan terpancing untuk berbuat anarkis dan tetap menjaga ketertiban dan keamanan.

“ Kami menghimbau, masyarakat jangan terpancing dan melakukan hal-hal anarkis, mari kita jaga keamanan dan ketertiban bersama ,” kata AKBP Budi Suryanto menghimbau.

Aksi ribuan buruh tersebut mendapat tanggapan langsung dari Wakil Bupati Lahat.

Marwan Mansyur, SH MM bersama Kapolres dan Dandim serta unsur muspida Kabupaten Lahat menemui masyarakat yang sudah memadati jalan di depan Pemkab Lahat.

Di hadapan ribuan massa buruh tersebut Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM mengatakan akan merundingkan dan memecahkan semua permasalahan yang terjadi antara buruh dengan pihak perusahaan.

“Saudara-saudaraku semua, kami dan perwakilan buruh akan melakukan perundingan dengan pihak perusahaan, yang lainnya menunggu disini”, kata Marwan Mansyur SH MM.

Polres-Lahat-mengamankan-jalannya-demo-buruh-PT.-PCM-dan-PT-SMS-Lahat-200x150Sebagai penengah, Marwan Mansyur SH MM Wakil Bupati Lahat mengajak perwakilan pendemo untuk bertemu dan bermusyawarah dengan pihak PT. PCM dan PT. SMS. Dalam musyawarah tersebut Marwan Mansyur menegaskan kepada pihak perusahaan agar memperhatikan dan memenuhi tuntutan buruh.

“Setelah melakukan musyawarah, akhirnya kita bersama menemukan titik terang yang telah menyelesaikan masalah. Pihak perusahaan pun dengan bijak mengabulkan permintaan pekerja, kita harapkan kepada masyarakat untuk tidak membuat apa yang menjadi kesepakatan menjadi permasalahan yang timbul di kemudian hari. Kembali beraktivitas seperti semula, normal tanpa harus mengakibatkan timbulnya permasalahan lagi ”, kata Marwan Mansyur SH MM setelah memimpin rapat pertemuan buruh dan pihak perusahaan untuk membahas permasalahan tersebut. (Harwan/Herly/KR)