Rp. 2,5075 Milyar Untuk Pembangunan Rumah Korban Kebakaran Kelurahan Pasar Bawah

LAHAT, KABARRETORIKA.COM, – Ground Breaking Rekonstruksi 62 rumah dampak kebakaran Rt 3 dan Rt 4 kelurahan pasar bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat dilaksanakan pada senin (18/1) dibalai serba guna kelurahan pasar bawah.

Peletakan Batu pertama dihadiri oleh Wakil Bupati Lahat H Hariyanto SE , Ketua Dprd Lahat Fitrizal Homzi ST, Pj. Sekda Ds. H Deswan irsyad MPdi di dampingi oleh kepala BPBD Kabupaten Lahat, Kadis PU PRKPP, Kepala BPKAD, Kadis Inspektorat, kadis perizinan, kadis DLH, asisten I, Camat kota lahat dan lurah pasar bawah serta warga rt 3 dan 4.

Kepala BPBD Kabupaten Lahat, Ali Afandi dalam laporannya menyampaikan, dari tim teknis dilaporkan bahwa untuk rekonstruksi 62 rumah yang hangus dan rusak berat serta ringan menelan biaya Rp. 2.507.500.000 (dua miliyar limaratus tujuh juta lima ratus ribu rupiah).

“Ada dua Sumber pembiayaan dalam rekontruksi ini, 1,1 M berasal dari sumbangan masyarakat, dan sisanya 1,4 M dari APBD Kabupaten Lahat. Termasuk didalamnya berupa barang_barang material bangunan bantuan masyarakat yang dinilaikan dengan uang sesuai nota toko, senilai 115 juta rupiah. Dengan rincian Rp. 40 juta untuk 62 rumah yang hangus, Rp. 5 juta untuk 3 rumah rusak berat dan Rp. 2,5 juta untuk 5 rumah yang rusak ringan. rencananya akan dibangun kembali dengan type rumah 6×6 dengan bentuk yang menyesuaikan dengan ukuran tanah warga bisa 6×6, 9×4 ataupun 4,5×8,” terang Ali Afandi.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Lahat mengatakan, peletakkan batu pertama menandakan pembangunan dimulai.

” Dengan mengucapkan bismillahirohmannirohim maka peletakan batu pertama untuk Pembangunan Rumah korban kebakaran dikelurahan pasar bawah kita mulai,” ucap Wakil Bupati Lahat.

Peletakan batu pertama atau Ground Breaking dilakukan pada salah satu rumah yang akan dibangun dilokasi kebakaran tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Lahat, Ketua Dprd , Forkopimda serta Camat kota Lahat dan Lurah Pasar Bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat. (KR)