Sumsel Helat Kejuaraan Tinju Piala Presiden

tinju-300x199Palembang, Kabarretorika.com –Menpora Imam Nahrawi senin (20/4) mewakili Presiden Republik Indonesia, Jokowi, menghadiri sekaligus membuka Kejuaraan Tinju Amatir internasional piala President XXII di Gedung Palembang Sport and Convention Center (PSCC) yang diikuti oleh 24 Negara-negara di Asia dan Eropa. Kejuaraan tinju amatir Piala Presiden yang sudah dilaksanakan sejak tahun 70-an merupakan kejuaraan di dunia yang diakui federasi tinju amatir dunia atau AIBA ini berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 25 April 2015.tinju-2-300x199Sebanyak 182 atlet dari 24 negara ambil bagian dalam Piala Presiden di antaranya Australia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Mesir, Bhutan, Malaysia, Mongolia, Nepal, Filipina, Qatar, Singapura, Suriah, Taiwan, Thailand, Kamboja, India, Hong Kong, Sri Lanka, Mauritius, dan Myanmar. Indonesia sebagai tuan rumah sendiri mengirimkan petinju sebanyak 33 orang yang dibagi dalam Tim A, Tim B, dan Tim C. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) didukung Kemenpora, AIBA, Asian Boxing Confederation (ASBC), dan Pemprov Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Menpora Imam Nahrowi berharap turnamen tinju ini dapat diselenggarakan dengan rutin hingga dapat mencetak petinju sekelas Syamsul Anwar dan Ellyas Pical. “ Kami tidak henti-hentinya berterimakasih kepada seluruh pengurus Pertina, dengan anggaran Kemenpora yang terbatas, bisa menyelenggarakan turnamen ini, Ini adalah satu peristiwa penting yang dapat mengharumkan para calon petinju dunia,” katanya.tinju-3-300x199

Didampingi Alex Noerdin, Suwarno, dan Reza Ali, Bupati Lahat Saifudin Aswari, Menpora secara simbolis membunyikan bel sirine dan mengangkat serta menyerahkan piala kepada panitia pelaksana sebagai tanda dimulainya turnamen. Setelah membuka, Menpora juga menyaksikan pertandingan pertama tinju perempuan kategori berat 51 kg antara Nguyen Tin Yen (Vietnam) melawan Suzen Simangunsong (Indonesia C) yang dimenangkan Nguyen Tin Yen. Pertandingan kedua, antara Wada Madoka (Japan) melawan Nandintsetseg (Mongolia) yang dimenangkan Nandintsetseg.

Pada turnamen tersebut diterapkan aturan petinju perempuan bertanding dalam 4 ronde dengan waktu selama 2 menit, petinju laki-laki bertanding 3 ronde selama 3 menit.  Menurut Saifudin Aswari Rivai selaku Ketum Pertina Sumsel sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, ke depan Piala Presiden perlu digelar konsisten dua tahun sekali. “Saat ini, Piala Presiden menjadi satu-satunya uji coba petinju Pelatnas SEA Games Singapura 2015,” kata Aswari yang juga Bupati Kabupaten Lahat ini.tinju-4-300x199
Kejuaraan ini akan mempertandingkan 12 kelas (tujuh putra, lima putri). Untuk putra terdiri atas, light fly weigh (49 kg), fly weight (52 kg), bantam weight (56 kg), light weight (60 kg), light selter weight (64 kg), welter weight (69 kg), dan middle weight (75 kg).
Selain itu ada light fly weight (48 kg), flay weight (51 kg), bantam weight (54 kg), feather weight (57 kg) serta light weight (60 kg).
Alex Noerdin dalam sambutannya menyampaikan kejuaraan tinju amatir internasional ini merupakan agenda rutin. “Saya yakin petinju kita akan memberikan sumbangsih terbaik,” katanya

Kejuaraan Piala Presiden ini merupakan agenda Federasi Tinju Amatir Dunia (AIBA) yang terakhir digelar pada 201, beberapa sponsor ikut mendukung terselenggaranya acara di antaranya Pemkab Lahat, PT Tambang Batubara Bukit Asam, Pupuk Sriwijaya, MNC Group, Adidas, dan Viro . (ADV/ KR)