Wabup Lahat Buka Lomba Lagu dan Tarian Daerah

lomba tari daerahLahat Kabarretorika.com – Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM membuka Acara festival Lagu Daerah dan Tarian Daerah antar Pelajar Se-kabupaten Lahat di Gedung Kesenian Lahat, Senin (9/3).

lomba tari daerah2acara yang dihelat ini merupakan Salah satu bentuk upaya pelestarian dan pengembangan Seni Budaya Tradisional Kabupaten Lahat. Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Lahat , PT Bukit Asam ( Persero ), mantan Ketua Karang Taruna Lahat, SKPD Kabupaten Lahat, Dharma wanita Lahat dan Guru serta Seluruh peserta Lomba.lomba tari daerah3

Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM Dalam Sambutan Sekaligus Membuka Perlombaan Secara resmi mengatakan bahwa banyak seni budaya dalam bentuk kreasi tarian dan lagu daerah yang mulai ditinggalkan masyarakat Lahat. Padahal tarian dan lagu daerah Lahat bisa berkembang lebih luas sesuai perkembangan zaman.

“Banyak masyarakat mulai meninggalkan seni dan budaya lokal, padahal ini dapat menjadi aset wisata yang memiliki daya tarik,” ungkap Marwan, saat membuka lomba seni dan tari daerah Lahat.

lomba tari daerah1Dilanjutkan Marwan, untuk melestarikannya, dirinya meminta kepada instansi terkait untuk lebih memperhatikan nilai budaya dan harus fokus menyelamatkan peninggalan budaya dan kesenian daerah.
” Terapkan nilai budaya dan kesenian Lahat di sekolah, agar anak didik kita dapat melestarikannnya, seni budaya adalah kekayaan bangsa yang bisa menjadi sumber daya untuk mensejahterakan rakyat. Pada akhirnya ikut meningkatkan perekonomian daerah. Banyak seni budaya yang ada di Lahat, jika dikelola dengan baik dan benar dapat menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat. Jadikanlah seni budaya peninggalan nenek moyang berupa lagu daerah, tarian dan segala bentuk budaya menjadi aset daerah yang terus dijaga dan dikembangkan ” kata Marwan berpesan. ( KR)