Warga Resah, Jalan Amblas Rawan Begal

Lahat,kabarretorika.com-Banyaknya titik ambles di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Lahat-Pagaralam di Kecamatan Pulau Pinang yang terdapat sekitar 5 titik tersebut ternyata menjadi rawan begal saat malam hari maupun dalam keadaan sepi. Hal ini diungkapkan warga setempat, merekapun berharap jalan tersebut segera diperbaiki. Apalagi kondisinya semakin parah saat ini, sebab kemarin Selasa (16/2) tanah yang longsor dari atas tebing di jalinsum Desa Kuba Kecamatan Pulau Pinang, kembali terjadi.

 

“Tiap hari makin parah sejak dua minggu lalu. Apalagi pernah ada warga saat malam hari lewat motornya diikuti orang tak dikenal. Untung bisa segera menyelamatkan diri,” ungkap Sarudin, kemarin (17/2).

 

Untuk di wilayah Desa Kuba sendiri ada 2 titik jalan yang ambles dan parah lebih dari 50 meter, hal ini menyebabkan kendaraan yang besar seperti truk dan bis yang lewat terlihat miring. Inisiatif warga diketahui perangkat desa dan Camat setempat mereka berjaga siang dan malam disana.

 

“Kami ada dua kelompok untuk siang dan bejago disini malem hari. Takut ada mobil atau motor yang terperosok apalagi saat hujan sangat licin, selain juga rawan begal disini,” papar Sarudin.

 

Menurutnya memang ada instansi terkait dan pihak pemerintah yang meninjau lokasi tersebut beberapa waktu lalu.

“Tapi tidak ada tanda-tanda akan diperbaiki. Kejingoannyo masih lamo. Padahal pacak jalanni makin rawan putus dan dak biso dilewati kalo dak segera ado upaya perbaikan,” katanya.

 

Terpisah Kapolres Lahat AKBP Yayat Popon Ruhyat SIK melalui Kapolsek Pulau Pinang IPTU Djoko Suyoto SH juga mengatakan warga khawatir dengan kondisi jalan yang rusak, selain rawan kecelakaan juga rawan tindak kejahatan saat sepi dan malam hari kendaraan yang lewat menjadi sasaran Begal.

“Akhirnya mereka berjaga di sana selain menghindari kecelakaan juga tindak kejahatan di wilayah jalan yang ambles yang rusak,” terangnya. (agus k)