Banjir, Sawah dan Kebun di Jarai Tergenang

Lahat, Kabarretorika.com – Selain banjir yang merendam Kota Lahat, di Kecamatan Jarai, Lahat yang berjarak sekitar 15 menit dari Pagaralam dan jarak dari Lahat sekitar 2 jam, tepatnya di Desa Gunung Megang. Kemarin (7/2) sekitar pukul 05.00 WIB subuh, luapan Sungai Anyek dan Nendan   merendam kebun dan sawah di Desa Gunung Megang. Di lapangan sendiri baru terdata satu hektar sawah dan satu hektar kebun sayuran yang terendam.Sawah 1 hektar tersebut milik Nasrul dan kebun sayuran 1 hektar milik Mohar warga setempat. Kerugian sendiri belum bisa di data, sebab sawah di sana rata-rata berusia 2 bulanan yang ditanam ujar Nasrul, kemarin.
Menurut Hendra (25) warga setempat mengatakan bahwa hujan deras malam harinya membuat sungai meluap. “Sawah dan kebun sayur memang dak jauh dari aliran sungai,” ungkapnya.

Harapan dari warga setempat, mereka yang bergantung dari lahan ini memang digarap beberapa kepala keluarga. ” Adolah uluran tangan pemerintah membantu kerugian yang kami alami,” ujar Hendra. Warga berharap pula  dibangun tembok penahan supaya air tidak lagi menggenangi sawah dan kebun warga. ( Soufie)