Marwan Mansyur SH MM, “ Pemkab Lahat Dukung Program Swasembada Pangan”

Pelatihan kader ketahanan pangan

Pelatihan kader ketahanan pangan

Lahat, Kabarretorika.com – Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM Hadiri kegiatan Pelatihan Kader Ketahanan Pangan untuk mewujudkan Swasembada Pangan Nasional diwilayah Kabupaten Lahat, kota Madya Pagar Alam dan Kabupaten Empat Lawang. Pelatihan ini berlangsung di Gedung Juang Kodim Lahat, Rabu (28/1). Hadir dalam pelatihan ini Kasdim 0405 Lahat, Jajaran Koramil Sekabupaten Lahat, Dinas Ketahanan Pangan Dan Hultikultura, Nara sumber, Dinas TPH Kota Pagar Alam dan Dinas TPH Kabupaten Empat Lawang.

Pelatihan kader ketahanan pangan.JPG RN1Komandan Kodim (Dandim) 0405 Lahat, Letkol Inf. Tri Haksoro yang di Wakili oleh Kasdim 0405 Lahat, Mayor Encep Yadi Mulyadi memberikan pengarahan dan didampingi oleh Wabup Lahat.

” Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, TNI AD berpartisipasi untuk membantu pemerintah daerah demi percepatan swasembada pangan yang dimiliki untuk dikelola menjadi lahan pertanian melalui kerjasama dengan kelompok tani, Pemerintah merencanakan dan menargetkan swasembada pangan dalam kurun waktu tiga tahun kedepan,” ungkap Kasdim 0405 Lahat, Mayor Encep Yadi Mulyadi.

Ia menambahkan bahwa Presiden RI, Joko Widodo telah memerintahkan kepada TNI khususnya TNI AD, untuk membantu pemerintah daerah di wilayahnya guna menyukseskan Program Peningkatan Produksi Pangan.

“ Dalam melaksanakan ketahanan pangan menuju swasembada pangan harus ada pendampingan, Babinsa akan mendampingi para kelompok tani yang ada di wilayahnya masing-masing dengan tujuan untuk memperkuat hubungan kerjasama antara Kodim 0405 Lahat dengan pemerintah daerah guna membangun sinergitas dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan yang kuat. Target awal kita, ada peningkatan produksi pangan 15 persen hasil panen dari tahun sebelumnya, mindset petani yang hanya satu kali tanam akan kita rubah, menjadi dua kali tanam dalam setahun,” Tambah Kasdim 0405 Lahat, Mayor Encep Yadi Mulyadi.Pelatihan kader ketahanan pangan.JPG RN

Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM membuka pelatihan tersebut dan memberikan paparan bahwa Pemkab Lahat mengalokasi lahan seluas dua ribu hektar (ha) di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Jarai, Pajar Bulan dan Suka Merindu.

” Kita harapkan dapat memaksimalkan hasil pangan, untuk memulai target pencapaian, telah disiapkan dari sekarang. Penanaman padi direncanakan mulai dari bulan April-Mei dan Untuk mencapai target tersebut kita akan melibatkan Camat, Koramil, Babinsa, Penyuluh Pertanian, BP3K, Pengecer Sarana Produksi, dan seluruh Kelompok Tani. Swasembada pangan dapat kita capai jika seluruh lini berperan aktif dan membantu, Pemerintah Kabupaten Lahat mendukung penuh Program Swasembada Pangan Pemerintah Pusat,” kata Marwan Mansyur SH MM. (Tim)